Rabu, 07 Maret 2018

Soal Dan Pembahasan Ujian Nasional Bahasa Inggris Smk 2014 Part 1

Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan 2014 Part 1


Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan 2014 Part 1
Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan 2014 Part 2
Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan 2014 Part 3
Soal Ujian Nasional Bahasa Inggris Sekolah Menengah kejuruan 2014 Part 4

SOAL

16. When we had (A) our trip to Bali last week (B), we got more cozier ( C ) atmosphere than we had got before. ( D ).

JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Jawaban C

Pembahasan. Sebelum mengerjakan soal ini saya masukankan untuk mempelajari wacana Simple Past tense dan Comparative degree.

Jawaban A. salah, Karena tenses yang dipakai pada Pilihan A ini yakni V2 ( Had) maka tenses tersebut yakni simple past tense dan sebab pada keterangan waktu pilihan B ( last week) dan ada kalimat “We got ….” Got disini yakni simple past tense ( sebab V2). Maka sanggup dikatakan jika tenses tersebut tiruananya sejajar yaitu Simple past tense.

Jawban B. Salah, sebab kalimat ini yakni benar, kata “ last week” dipakai untuk menjelakaskan keterangan waktu pada kalimat simple past tense, sehingga harmonis dengan jawabanan A,

Jawaban C. Benar. Karena structure kalimat ini yakni salah, maksudnya pembuat soal ingin menandakan wacana comparative degree, disini yang akan dibandingkan yakni perjalanan ke bali ahad kemudian dan perjalan ke bali sebelum-belumnya. Kata adjective yang dipakai yakni “Cozy = Cosy” yang artinya yakni “warm and comfortable” atau lebih sangat bahagia. Structure dalam soal yakni salah seharusnya yakni cukup dengan cozier saja tidak perlu ditambah dengan “more” sebab kata sifat sudah berubah ditambah akhiran “ er”

Jawaban D. salah. Karena kalimat ini benar. Fungsi dari “Before” yakni sebagai pembanding antara perjalanan ke bali “Las week” dan “before”


SOAL

17. My handbag is a black rectangular leather bag ( A ) with a long tubular strap ( B )of the same material. The bag is about 18” X 12” in size ( C )with three compartments. The compartment which ( D ) a zip in it is the centre one.

JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Jawaban D

Pembahasan, sebelum mengerjakan soal ini dimasukankan untuk mengerti wacana adjective order / urutan adjective dan adjective clause.

Jawaban A, Benar dalam kalimat “ a black Rectangular leather Bag” ada tiga adjective yang dipakai untuk menandakan kata benda “ Bag” adjective dan jenisnya yakni Black ( warna) , rectangular ( shape), leather ( bahan) dan urutan adjective yang benar yakni Opinion, Size ( ukuran), Age ( umur), Shape( bentuk), Color ( warna) dan Material ( materi pembuat) sehingga jawabanan A sesuai dengan sturktur yang benar.

Jawaban B, Benar, pada kalimat “ a long tubular strap” terdiri dari dua buah kata sifat yaitu Long ( size ) dan tubular (shape) sehingga urutan dalam adjective order sudah benar.

Jawaban C, kata In Size, tidak ada problem akan tetapi ini kadang membingungnkan sebab ada kata “in” tapi sebetulnya tidak masalah.

Jawaban D, benar, sebab structure dalam kalimat ini salah “ which” ini seharusnya diganti dengan “ Whose” sebab sesudahnya diikuti oleh sebuah kata benda, Which, Who, sesudahnya biasanya diikuti oleh tobe atau kata kerja.


SOAL

18. Hary : Can you describe ( A ) Naomi ?

Jockie : She is high ( B ), dark ( C) and ( D) beautiful.

JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Jawaban B/C

Pembahasan. Sebelum menjawaban wacana pertanyaan ini saya masukankan untuk memahami Modal, Simple present dan Adjective order.

Jawaban A.salah. sebab strukturenya benar kita disini sanggup bentuk kalimat tanya dari Can setelah subject diikuti olev V1 kata “describe” yakni bentuk kata kerja pertama jadi tidak problem secara structure grammar nya.

Jawaban B dan C yakni benar, sebab strukturenya salah untuk membentuk urutan kata sifat lebih dari satu dari jenis yang sama maka harus dikasi “AND” kata “ High” dan “dark” yakni salah sebab High ialah size sedangkan dark yakni colour “ warna” seharusnya kedua kata tersebut sama – sama menandakan kata opinion atau pendapat setara dengan kata “ beautiful” seharusnya contohnya saja kalimatnya menjadi ibarat ini Smart, talented and beautiful yang saat adjective tersebut menandakan opinion.

Jawaban D salah, sebab “ and” memang dipakai untuk menandakan urutan adjective sejenis yang berjumlah lebih dari satu


SOAL

19. Kiki : Why did not ( A ) you come to Tania’s party yesterday ?

Agam : I am so sorry, I was not able to ( B ) come. If my father had gave ( C ) me permission ( D ), I would have been there.

JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Pembahasan. Sebelum mempelajari soal ini saya masukankan untuk mengerti simple past tense,modal dan conditional sentences.

Jawaban A yakni salah. Karena structure kalimat tanya dalam simple past tense ini sudah benar untuk membuat kalimat negative dari Wh Question, kata did dirubah menjadi “did not” sedangkan kata kerja nya yakni V1 Come disini yakni V1. Kata “ Why did not you come to Tania’s party yesterday ?” yakni bentuk kalimat simple past tense sebab ada kata “ Yesterday”

Jawaban B. yakni benar sebab dalam kalimat ini memakai structure modal be able to, structure modal Be able to yakni “ to be ( menyesuaikan subject) + able + To + V1 “ sehingga strukturenya benar tanpa masalah.

Jawaban C yakni Benar. Kalau kalian lihat dalam kalimat “ IF my father had gave me permission, I would have been there” yakni kalimat jenis Conditional Sentence 3, sebab kalimat I Would have been there ( would + have + V3) yakni ciri dair Conditional Sentences type 3 yang strukturenya “ IF + Subject + Had + V3 ,Subject + Would + Have + v3”. Sedangkan dalam kata “gave” yakni V3 seharusnya pilihan ini yakni “ given”

Jawaban D, benar sebab Permission yakni kata benda sehingga strukturenya tidak salah, Permission = ijin


SOAL

20. Bobby : Congratulations, on ( A )achieving the 1ST place in (B) the singing contest. It was really surprised. ( C )

Nowo: Thank you, I could not have done ( D ) it without you.

JAWABAN DAN PEMBAHASAN

Jawaban C

Pembahasan, sebelum mempelajari kali ini saya masukankan untuk mengerti participle adjective terlebih lampau.

Jawaban A. salah, sebab preposisi ON benar diikuti oleh “Achieving the 1st place”

Jawaban B .salah,karena structure preposisi In tidak problem

Jawaban C benar, ingat penerapan past participle sebagai adjective harus sesuai kata “ surprised” disini yakni particile “- Ed) sehingga dipakai untuk menandakan wacana perasaan. Dalam kalimat tersebut bukan perasaan akan tetapi “IT” yang cenderung yakni benda, sehingga seharusnya memakai present participle “ – ing”

Jawaban D, yakni teladan Modal + Have + not + past participle, penerapan ini yakni dipakai untuk potongan dari conditional sentences tiga, yang artinya sesuatu yang mustahil terjadi pada masa lalu. Sehingga kalimat “ I Could not have done it without you” yang artinya saya mustahil melakukannya tanpamu.

0 komentar

Posting Komentar