Rabu, 07 Maret 2018

Soal Dan Pembahasan Un Bahasa Inggris Smk Tahun 2013 Part 3


32. Cyntia : I am having problem with my printer. It won’t start.

Technician : Have you checked the connection ?.......
A. You could help me fix it.
B. The acara is being closed.
C. There is no problem with me.
D. The cords might be unplugged.

Jawaban D

Pembahasan :

Pada soal diatas terdapat dua obrolan yaitu antara Cyntia dan Technician, diberikut kalau kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dialognya artinya ibarat ini.

Cyntia : saya sedang memiliki duduk masalah pada printer aku. Printer saya tidak menyala

Technician : sudahkah kalian mengecek koneksinya ? .;…..
Jawaban A. salah , “ engkau sanggup memmenolong saya memperbaikinya”
Jawaban B. salah, alasannya tidak sesuai dengan konteks “ Program ini sedang ditutup”
Jawaban C, Salah, Tidak sesuai dengan konteks “ Tidak ada duduk masalah dengan aku”
Jawaban D,benar, sesuai ”Cords = kabel” , “kabelnya mungkin belum dicolokkan”


33. Waiter : Welcome to Le Caston ……?

Anna : Orange squash with little sugar, Please.
a. Do you need something to eat.
b. What would you like to drink.
c. Would you just pay it in cash.
d. How would you like your meal.

Jawaban : B

Pembahasan,pada soal diatas terdapat percakapan antara waiter dan Anna, dilihat dari jawabanan Anna maka anna Memesan minuman “ Orange Squash with sugar” sehingga secara otomatis yang dikatakan oleh Waiter ialah mengatakan minuman.
Jawaban A. salah alasannya bukan mengatakan minuman “ apakah engkau membutuhkan makanan”
Jawaban B, Benar, mengatakan minuman, “ Apa yang akan engkau minum / engkau mau meminum apa”
Jawaban C, salah.karena tidak sesuai dengan konteks “ apakah kami ingin membayarnya dengan cash/ kontan”
Jawaban D,salah,karena tidak sesuai dengan kontesk “ bagamana engkau menikmati makanannya/bagaimana dengan makanannya?”


34. Daniel : This place is too noisy. I need to find a quite one to finish my tasks.

SInta : ……. You can also find many references there.
a. Why don’t you take a rest ?
b. I could meet you in your office.
c. You should turn on the radio
d. How about the library. ?

Jawaban A

Pembahasan. Pada soal ini obrolan antara Daniel dan SInta, dainiel mengeluhkan daerah kini ini yang terlalu bising,dan ia ingin meminta masukan pada SInta daerah yang nyaman.

Dainiel : daerah ini terlalu bising. Saya membutuhkan temtap yang hening untuk menuntaskan kiprah saya ?

SInta : …..engkau juga sanggup menenmukan sumber / rujukan di sana.
Jawaban A, salah, alasannya tidak sesuai dengan konteks, “ mengapa engkau tidak mencakuptirahat”
Jawaban B, Salah alasannya tidak sesuai dengan konteks “ saya sanggup menemui engkau di kantormu”
Jawaban C, juga salah alasannya tidak sesuai dengan konteks, “ engkau seharusnya menyalakan radio”
Jawaban D, benar,sesuai dengan konteks/ menyarankan “ Bagaimana dengan perpustakaan”


35. Wati : What do you do on Sunday morning ?

Santi : ….. Seing blooming flowers makes me more relaxed.
a. I watch TV programs about farming.
b. I water the plants in the garden.
c. I do some exercises in the gym.
d. I go cycling to the beach.

Jawaban B

Pembahasan. Pada soal diatas kalimatnya memakai simple present tense,dan tiruana jawabanan memakai simple present tense. Berikut ini arti dari obrolan diatas

Wati : apa yang engkau lakukan pada ahad pagi ?

Santi : …..melihat mekarnya bunga membuat saya lebih santai.

Jawaban A. kurang tepat, alasannya tidak melaksanakan acara di perkebunan,akan tetapi menonton televise, pada hal si Santi bahagia melihat mekarnya bunga. “ saya menonton acara TV ihwal peternakan”

Jawaban B, benar, sesuai dengan konteks “ Saya menyiram flora di perkebunan”

Jawaban C, Salah alasannya tidak sesuai dengan konteks “ saya melaksanakan beberapa olahraga di daerah fitness”

Jawaban D, salah, alasannya tidak sesuai dengan konteks “ saya pergi bersepeda ke pantai”


36. Fauzan : What are you going to do after finishing your school ? will you continue to the university ?

Farhan : …….My family needs to be supported.
a. I would rather find a job than study.
b. I like studying in the college better than working.
c. I prefer staying at home to going somewhere.
d. I finish my study at the university.

Jawaban A

Pembahasan, pada soal kali ini saya masukankan kalian untuk memahami sebuah Preference dalam bahasa inggris,

Jawaban A. benar alasannya “ saya lebih suka mencari pekerjaan daripada belajar” alasannya alasannya sesuai dengan kalimat sesudahnya

Jabawan B, salah alasannya tidak sesuai dengan konteks “ saya lebih suka mencar ilmu di kuliah daripada bekerja”

Jawaban C,salah karena, alasannya ia lebih suka tinggal dirumah, seharusnya ia bekerja “ saya lebih suka tinggal dirumah daripada pergi ke suatu tempat”

Jawban D salah alasannya tidak sesuai dengan konteks “ saya menuntaskan sekolah saya di universitas”


37. Adrian : there is a problem with this camera. It does not work. …. ?

Hadi : I am not sure I can fix it. Let’s find a repair shop.
a. Do you know how to use it
b. Would you mind checking it out.
c. Can you take some pictures for me.
d. Will you show me the instruction.

Jawaban B

Pembahasan. Pada obrolan diatas dijelaskan obrolan antara Adrian dan Hadi. Berikut ini arti dari obrolan tersebut.

Adrian : ada duduk masalah pada kamera ini. Kamera ini tidak bekerja……. ?

Hadi : saya tidak yakin saya sanggup memperbaikinya. Mari kita cari daerah service.
Jawaban A, salah, alasannya tidak sesuai dengan konteks “ Apakah engkau tahu bagaimana untuk menggunakannya”
Jawaban B, Benar, paling sesuai dengan konteks “ Maukah engkau memeriksanya”
Jawaban C, salah,karena tidak sesuai dengan konteks “ dapatkah engkau mengambil gambar untuk saya ( meminta difoto”
Jawaban D, salah, tidak sesuai dengan konteks “ akankah engkau memeri saya perintah”


38. Hanna : I really want to continue my study, but my parents can’t afford it.

Safa : what will you do then ?

Hanna : ……..
a. If I had a good chance, I would try it.
b. If I get a scholarship, I will enter the college.
c. IF my parents permit me, I will enter the university.
d. If I studied hard, I could pass the examination.

Jawaban : B

Pembahasan. Sebelum mengerjakan soal ini,aku masukankan untuk memahami bahan Conditional sentences.

Jawaban A.jawabanan kurang tepat. IF I had A good chance, I would try it. ( kalimat ini memakai conditional Sentence 2, dan kenyataannya ialah “I had no chance “ penulis tidak memiliki peluang) akan tetapi kurang sempurna untuk mengisi percakapan tersebut.

Jawaban B. Jawaban benar ( jawabanan B memakai kalimat conditional Sentences jenis 1 sehingga si penulis masih berharap ada kemungkinan mendapat Beasiswa) “ jikalau saya mendapat beasiswa saya akan masuk kuliah” kemungkinan mendapat beasiswa tinggi.

Jawaban C. Kurang sempurna ( memakai Conditional Sentences jenis 1) akan tetapi perhasalahannya ialah bukan orang renta mengijinkan apa tidak akan tetapi orang renta yang tidak memiliki biaya untuk berkuliah.

Jawaban D kurang sempurna ( memakai Conditional Sentences jenis 2) yang berarti sipenulis tidak lulus ujian alasannya ia tidak mencar ilmu dengan keras.


39. Rully : What will you do in the next school holiday ?

SIlla : ….. and I have booked kesukaane places to visit.
a. I will try to get a part – time job.
b. I will go on a vacation
c. I will just stay at home
d. I will meet my grandparents

Jawaban : B

Pembahasan.sebenarnya pada soal ini jawabanan sudah jelas, karne SIlla menjawaban “ I have booked kesukaane places to visit” yang artinya saya sudah memesan daerah kesukaan untuk dikunjungi berarti secara tidak langsungdia ingin berlibur. “ I will go on a vacation”


40. Benny : How was his short speech ?

Yanny : ……….
a. It was very meaningful
b. The speaker is very sad.
c. He has read many texts.
d. It was very lucky

Jawaban A.

Pembahasan. Saya masukankan sebelum mengerjakan soal ini kalian memahami fungsi dari simple present tense dan simple past tense dengan benar.

Jawaban A.benar dan sempurna alasannya memakai tenses simple past tense,dan kalimatnya masuk ke konteks, ingat pertanyaan berupa simple past jawabanan juga harus berupa kalimat past. It was very Meaningful = pidato ini sangat berarti

Jawaban B. kurang sempurna , alasannya memakai tenses simple present, yang tidak menceritakan masa lalu.

Jawaban C . juga tidak sempurna alasannya memakai tenses yang salah tenses yang dipakai disini ialah present perfect, walaupun jawabanannya mendekati konteks : “ ia sudah membaca banyak teks”

Jawaban D, kurang tepat, walaupun tenses yang dipakai benar sama sama simple past akan tetapi jawabanan tidak sesuai dengan konteks.


41. Jgua : Where is John ?

Joe : He is in the kitchen now. ……. We will have special guest tonight.
a. He is cooking the dinner
b. He is having breakfast
c. We are having lunch together
d. We are eating our meal.

Jawaban A

Pembahasan. Semua jawabanan memakai kalimat bertenses simple continuous tense. Akan tetapi alasannya ada kata “kitchen = dapur” berarti memasak dan ada Special guest =tamu special berarti jawabanan paling cocok ialah A “ ia sedang memasak”

0 komentar

Posting Komentar