Rabu, 02 Januari 2019

Belajar Memakai Query Pada Office Access

Admin tak akan bosan-bosan  mengembangkan informasi  wacana mencar ilmu office untuk sahabat dekat-teman akrab tiruana, kali ini  masih mengulas microsoft office Access, yaitu akan  dijelaskan cara penerapan query dan apa sih fungsinya ?

Query yaitu dapat dipakai untuk mengatur data yang akan ditampilkan/disimpan dari beberapa tabel menjadi suatu datasheet sehingga kita dapat mengetahui isu yang kita butuhkan.

Untuk lebih mempergampang dalam memahami penerapan Query Access akan dibahas pada teladan sederhana diberikut ini yaitu  "Membuat Data Base Peminjaman Buku Perpustakaan".

Dalam pembuatan data base ini kita pisah atau bagi menjadi dua tabel yaitu :

1. Data buku untuk input data buku  (terdiri dari field name : Kode Buku, Judul Buku, Pengarang)
2. Peminjam untuk input data peminjam (terdiri dari field name : ID peminjam, Nama, Tanggal Pinjam, Tanggal Kembali, Kode Buku).

Akan kita buat : Query Data Peminjaman Buku ?
(menampilkan Peminjam dan buku apa yang dipinjam beserta tanggalnya )

Dari dua tabel tersebut akan kita buat Query yang yakni penggabungan deri duat tabel diatas untuk mendapat isu data peminjam buku dan buku apa yang dipinjam serta tanggal-tanggalnya secara lengkap. Sehingga dengan begitu data  tersusun rapi, lalu kita buat sistem dimana data buku yang dipinjam akan masuk kepeminjam secara otomatis dengan input isyarat buku saja.

Langsung saja langkah-langkahnya yaitu sebagai diberikut :

Pertama buatlah table Data buku dengan field name dan data typenya ibarat gambar dibawah ini, bila belum paham cara membuat tabel sudah dibahas pada artikel sebelumnya dapat lihat caranya disini Membuat Field Name Dan Mengubah Data Type Pada Microsoft Access


Selanjutnya kita inputkan beberapa data buku.


Kedua buatlah data Peminjam buku dengan field name dan data typenya ibarat gambar dibawah ini.


Selanjutnya untuk lebih menarikdanunik dan user frendly buatlah formnya lalu menambahkan beberapa tombol/button, ibarat gambar dibawah ini. Jika belum paham cara membuat form silahkan baca artikelnya disini Belajar Membuat Button Pada Form Microsoft Access

Ket :
Cari : Find Record
Kembalikan  : Delete Record
Pinjam : Add New Record

Selanjutnya kita buat Query caranya Klik Tab sajian Create >> Group Queries >>> Klik Query Design 


Akan muncul Show Tabel >>> Kemudian Add Kedua Tabel Tersebut.

Selanjutnya buat ibarat gambar dibawah ini. Tekniknya seret field pada data buku dan Peminjam buku ke tabel bawah atau dapat juga di dobel clik secara berurutan sebagai diberikut : No ID Peminjam, Nama Peminjam, Kode Buku, Judul Buku, Penerbit, Tanggal Pinjam, Tanggal Kembali.

Kemudian buat relasinya untuk field yang sama yaitu Kode buku (Tabel Data Buku) >> Kode Buku (Tabel Peminjam Buku), selanjuntya disimpan dengan nama Data Peminjaman Buku.

Untuk melihat akibatnya klik Datasheet View diberikut contohnya, setelah data peminjam diinput pada form peminjam buku :




 Terimakasih Selamat Mencoba, biar bermanfaa.





0 komentar

Posting Komentar