Selasa, 18 Desember 2018

Fungsi Count , Countif, Counta Didalam Microsoft Excel

Fungsi Count , Countif, countA didalam Microsoft Excel

Fungsi Count , Countif, countA didalam Microsoft Excel

COUNT

Adalah sebuah fungsi dalam Microsoft Excel yang dipakai untuk menghitung banyak angka ( spesialuntuk angka ) bisajuga karakter atau symbol dalamsebuah barisan cell. Fungsi ini Berbeda jauh dengan SUM jikalau SUM ialah menjumlah keseluruhan data angka, sedangkan fungsi COUNT ialah menghitung banyak nya angka saja. Untuk lebih memahami tentang fungsi COUNT dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini.

Pada gambar diatas terperinci sekali perbedaan antara fungsi COUNT dan SUM dalam Microsoft Excel, jikalau fungsi COUNT ialah menghitung banyaknya data, sedangkan fungsi SUM ialah menghitung jumlah data. Penulisan Fungsi COUNT dalam Microsoft Excel ialah sebagai diberikut.

RUMUS : =COUNT(RANGE)

Untuk lebih memahami penulisan rumus fungsi COUNT dalam Microsoft Excel, perhatikan gambar dibawah ini,

/

COUNTIF

Countif ialah perpaduan antara fungsi Count dan fungsi IF, fungsi ini dipakai untuk menghithng jenis data dalam satu range tersebut, untuk lebih memahami fungsi COUNT IF dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini. Fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel ialah menghitung jumlah data dengan syarat tertentu, contohnya dalam suatu range terdapat 23 Cell dan ada 3 jenis data dari range tersebut yaitu Penggaris, Pulpen, dan buku. Nah dengan mengggunakan fungsi COUNTIF kita sanggup menghitung banyaknya

PENULISAN RUMUS COUNTIF DALAM MICROSOFT OFFICE ADALAH SEBAGAI BERIKUT

=COUNTIF(RANGE,CRITERIA)

Jumlah Siswa dengan Nilai A =COUNTIF(C2:C15,"A")

Jumlah Siswa dengan Nilai B =COUNTIF(C2:C15,"B")

Jumlah Siswa dengan Nilai C =COUNTIF(C2:C15,"C")

Jumlah Siswa dengan Nilai D =COUNTIF(C2:C15,"D")

/

Sehingga hasil final dari penerapan fungsi COUNTIF dalam Microsoft Excel adalah sebagai diberikut.

/

COUNTA

Adalah menghitung data yang tidak kosong, fungsi counta dalam Microsoft excel akan menghidung suatu range tertentu yang tidak kosong, Counta akan menghitung nilai dari angka hingga huruf, tiruananya akan dihitung. Perhatikan gambar dibawah ini.

Rumus untuk C16 ialah =COUNTA(A2:C15)

Rumus untuk C17 ialah =COUNT(A2:C15)

Pada gambar diatas setelah kita gunakan rumus COUNTA dari Cell A1:C15 maka akan menghasilkan jumlah 42 sedangkan jikalau memakai rumus COUNT maka alhasil akan 14 sebab fungsi COUNT akan menghitung data yang spesialuntuk berupa angka saja, jikalau fungsi COUNTA akan menghitung data yang terisi.

0 komentar

Posting Komentar