Selasa, 18 Desember 2018

Fungsi Sumif Dan Sumifs Dalam Microsoft Excel

FUNGSI SUMIF DAN SUMIFS DALAM MICROSOFT EXCEL

FUNGSI SUMIF DAN SUMIFS DALAM MICROSOFT EXCEL

Microsoft Excel ialah sebuah software yang sangat handal, setelah mempelajari Fungsi SUM dan Fungsi IF mari kita mempelajari fungsi Fungsi SUMIF, akan tetapi sangat amat dianjurkan jika kalian belum menguasai fungsi Sum atau fungsi IF maka saya masukankan untuk menguasainya terlebih lampau.

Fungsi SUMIF yakni perpaduan antara fungsi Sum dan Fungsi IF, jadi disini maksudnya yakni fungsi ini dipakai untuk melaksanakan penjumlahan data dengan criteria tertentu, untuk lebih memahami wacana fungsi SUMIF dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini .

Pada gambar diatas kita sanggup mengisi Cell C13 ( Jumlah Pembayaran ) dengan memakai fungsi SUM, akan tetapi untuk mengisi pada CELL C14 kita tidak sanggup menggunakan Fungsi SUM dalam menjumlahkan, alasannya yakni disini menjumlahkan dengan syaratt/Kriteria yaitu jenis kelabuin harus laki laki, begitu juga dengan Cell C15 kita juga tidak sanggup memakai fungsi SUM, alasannya yakni disitu syarat yang harus dipakai ada jenis Kelamin Anak Perempuan. Nah dalam Kasus diatas kita sanggup menggunakan fungsi SUMIF, bagaimana cara penuslisan rumus SUMIF dalam Microsoft Excel, penulisan fungsi SumIF ibarat diberikut ini.

= SUMIF (RANGE; CRITERIA;SUM RANGE)

Penjelasan:

Range yakni memilih nilai range yang akan diuji ( pada gambar diatas yang dimaksud dari Range yakni cell dari B3:B12) Criteria yakni syarat dari range tersebut yang akan diuji ( pada gambar diatas yang dimaksud dari Criteria yakni “ Laki-Laki” untuk jumlah dari laki laki dan “ Perempuan” untuk jumlah dari Perempuan) Sum range yakni sel sel yang akan dijumlahkan datanya ( pada gambar diatas yakni cell C3 : C12) Sehingga penulisan rumus untuk Cell C14 yakni =SUMIF(B3:B12,"Laki - Laki",C3:C12), Sedangkan untuk Pembayaran Pada jumlah pada wanita atau cell C15 yakni =SUMIF(B3:B13,"Perempuan",C3:C13) untuk lebih memahami wacana penerapan fungsi SUMIF lihatlah dua gambar dibawah ini.

Untuk lebih memahami wacana fungsi SUMIF dalam Microsoft Excel, kerjakanlah soal dibawah ini.

BERIKUT INI ADALAH PENULISAN RUMUS UNTUK COLOM C 12, C13,C14,C15

Total Pembelian CPU gunakan rumus =SUMIF(B2:B11,"CPU",C2:C11)

Total pembelian LCD gunakan Rumus =SUMIF(B2:B11,"LCD",C2:C11)

Total Pembelian Keyboard gunakan rums =SUMIF(B2:B11,"Keyboard",C2:C11)

Total Pembelian Laptop gunakan rumus =SUMIF(B2:B11,"Laptop",C2:C11)

Intinya yakni fungsi Sumif itu dipakai untuk menjumlahkan range dengan memakai satu syarat tertentu, setelah memahami fungsi sumif saya harapkan kalian tidak akan mengalami kesusahan dalam memahami FUNGSI SUMIFS

FUNGSI SUMIFS

Sumifs yakni fungsi penjumlahan dengan syarat/kriteri lebih dari satu. Mekanisme fungsi SUMIFS sama dengan fungsi SUMIF akan tetapi syarat yang ditulis lebih dari satu. Untuk lebih terang tentant penggunaaan fungsi SUMIFS dalam Microsoft Excel perhatikan gambar dibawah ini

Untuk memilih nilai dengan pilihan Laki – laki dengan nilai diatas 70 maka gunakan rumus fungsi sumifs. Rumus umum penerapan SUMIFS dalam Microsoft Excel adalah sebagai diberikut.

=SUMIFS( sum_range , criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], .sum)

Sehingga untuk penerapan fungsi SUMIFS dari jumlah nilai siswa pria dengan umur diatas 12 yakni sebagai diberikut =SUMIFS(D2:D19,B2:B19,"L",C2:C19,">12")

Untuk mengetahui rumus jumlah nilai dari siswa Perempuan dengan umur lebih dari 12 yakni sebagai diberikut =SUMIFS(D2:D19,B2:B19,"P",C2:C19,">12")

Hasil simpulan penghitungan fungsi SUMIFS diatas yakni sebagai diberikut.

0 komentar

Posting Komentar