Rabu, 02 Januari 2019

Belajar Menciptakan Hubungan Pada Microsoft Office Access

Kita lanjutkan lagi tutorial untuk berguru office Microsoft Access Pemula, kali ini akan dibahas wacana fungsi dari  relation, pada artikel sebelumnya  sudah mengulas query yang sesungguhnya sudah ada didalamnya pembahasan singkat wacana relation, Namun untuk lebih detail akan kita bahas secara khusus wacana relation pada Access diberikut ini.

Relation ialah dipakai untuk menghubungkan beberpa buah tabel yang saling berkaitan satu sama lain. Biasanya hubungan dilakukan pada filed name dengan data type yang sama antara tabel yang satu dengan tabel yang lainnya. 

Untuk lebih simpel dalam memahaminya akan dijelaskan pada pola diberikut ini dengan judul pembuatan data base  "Gaji Guru dan Pengurus Sekolah".

Akan dibagi dua tabel ialah :
1. Gaji Guru dengan field name : Jabatan dan penghasilan.
2. Pengurus sekolah : NIP, Nama dan Jabatan.

Kita akan buat hubungan antara tabel Gaji Guru dengan Pengurus untuk field name Jabatan.

Berikut langkah-langkahnya :

Buatlah tabel dengan nama penghasilan guru dengan filed name menyerupai gambar dibawah ini :

Buatlah data pengurus guru, dengan filed name menyerupai gambar dibawah ini :


Buatlah relasinya klik pada sajian Database Tools >>>> grop Relationships >>> klik Relationships



Akan muncul windows Show Table >>> add kedua tabel diatas



Kemudian kita tarik dan drag pada tabel dengan field yang sama ialah jabatan >>> jabatan.


Selanjutnya klik saja Create. Selesai diberikut hasilnya.


Selanjutnya teman erat dapat buat Querry yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya Belajar Menggunakan Query Pada Office Access

Terimakasih, selamat mencoba biar bermanfaa

0 komentar

Posting Komentar