Kamis, 01 Maret 2018

Explanation Text, Penjelan, Referensi Dan Terjemahannya

Pengertian Dari Explanation Text

Explanation Text ialah sebuah Text dalam bahasa inggris yang menceritakan sebuah proses yang bekerjasama dengan peristawa walam, sociial dan penomena kebudayaan, text jenis ini hampir mempunya ciri ciri yang sama dengan Procedure text akan tetapi Explanation Text menandakan ihwal sesuatu yang tidak sanggup dibentuk atau jarang dibentuk insan lantaran memang fenomena alam, contohnya saja terjadinya Gerhana, Gempa Bumi.

Tujuan Komunikatif Teks atau social Function dari Explanation Text

• Menerangkan proses-proses yang terjadi dalam pembentukan atau acara yang terkait dengan fenomena alam, dunia ilmiah, sosial-budaya, atau lainnya yang bertujuan menerangkan.

Struktur Teks/Generic structure

• A general statement; Penjelasan umum Pada belahan ini menandakan ihwal apa yang akan kita bahas dan ialah citra dari klarifikasi ihwal apa yang akan kita bahas dalam Explanation Text

• A sequenced explanation of why or how something occurs; Penjelasan proses Pada belahan ini proses proses apa saja yang meliatkan sebuah Explanation ]

• Penutup.

Ciri Kebahasaan atau Language Feature dalam Explanation Text

Menggunakan;
• general dan abstract nouns, contohnya word chopping, earthquakes;
• action verbs;
• simple present tense;
• passive voice;
• conjunctions of time dan cause;
• noun phrase, contohnya the large cloud;
• abstract nouns, contohnya the temperature;
• adverbial phrases;
• complex sentences;
• bahasa teksni;
• kalimat pasif

misal Explanation Text Beserta Terjemahannya, diberikut ini ialah tumpuan Explanation Text “tsunami” dan menandakan ihwal bagaimana Tsunami sanggup terjadi.

Tsunami

The term of “tsunami” comes from the Japguase which means harbor ("tsu") and wave ("nami"). A tsunami is a series of waves generated when water in a lake or the sea is rapidly displaced on a massive scale.

Paragraph diatas ialah General Statement atau statemen umum ihwal Tsunami. Dan memakai kalimat simple present tense menyerupai cirri pada text Esplanation.

Kata “tsunami” berasal dari Jepang yang berarti Pelabuhan “ Tsu” dan Gelombang “ name” . sebuah Tsunami ialah serangkaian gelembong terjadi saat air di danau atau lautan berubah daerah dalam sekala besar.,

A tsunami can be generated when the sea floor abruptly deforms and vertically displaces the overlying water. Such large vertical movements of the earth's crust can occur at plate boundaries.

Sebuah Tsunami sanggup terjadi saat belahan bawah dari lautan berubah bentuk dan secara vertical meggerakkan air yang ada diatasnya. Pergerakan vertical yang besar yang terejadi pada lembengan bumi itu terjadi pada pienteng lempengan.

Subduction of earthquakes are particularly effective in generating tsunamis, and occur where denser oceanic plates slip under continental plates.

Proseses pergeseran dari gempa tersebut cukup efektive dalam menyebabkan gempa tsunami dan terjadi saat pienteng denser terjatuh di bawah pienteng yang lain

As the displaced water mass moves under the influence of gravity to regain its equilibrium, it radiates across the ocean like ripples on a pond.

Karena jumlah air yang bergerak dibawah dampak gravitasi untuk mendapat equilibriumnya , hal ini memancar sepanjang samudra menyerupai gelombang pada kubangan air.

Tsunami always bring great damage. Most of the damage is caused by the huge mass of water behind the initial wave front, as the height of the sea keeps rising fast and floods powerfully into the coastal area. Tsunami selalu membawa imbas kerusakan yang besar. Sebagian besar kerusakan disebabkan lantaran jumlah air dibelakang gelombang depan yang besar, lantaran tinggi dari samudra bergerak cepat dan membanjiri dengan berpengaruh area pantai.


Pada teks dibawah ini disebutkan tumpuan Explanation Text ihwal fenomena alam “ How Day and Night Happen” dan terjemahannya.

How Day and Night Happen

The sun seems to rise in the morning, crosses the sky during the day and sets at night. However the sun does not actually move around the earth. Earth's turning on its axis makes it look as if the sun is moves.

Matahari Nampak terbit tiap pagi, menyeberangi langit selama pagi hari dan turun di malamhari. Akan tetapi matahari sebetulnya matahari tidak mengitari bumi. Pergerakan bumi pada porosnya membuat seolah olah matahari yang bergerak.

The earth makes a complete turn on its axis for 24 hours. It is called as rotation. It causes day and night. The earth also moves around the sun. It takes 365 days or a year. This process is called revolution. The revolution process causes the changes of the season

Bumi melaksanakan perputaran penuh pada porosnya selama 24 jam. Dan hal ini disebut sebagai rotasi. Hal ini menyebabkan terjadinya siang dan malam. Bumi juga bergerak berkeliling matahari. Pergerakan ini membutuhkan waktu 365 hari atau satu tahun. Proses ini disebut dengan revolusi. Proses revolusi ini menyebabkn pergantin musim.

0 komentar

Posting Komentar