Kamis, 03 Januari 2019

Belajar Menciptakan Combo Box Pada Office Access

Artikel mencar ilmu microsoft access sebelumnya sudah mengulas cara membuat control button. Selanjutnya mencar ilmu office akan mengulas cara menambahkan combo box.

Combo Box yaitu dipakai untuk proses entry data, dimana datanya sudah ada (sudah fix ditentukan) dan user tinggal memilih. Keuntungan dari combo box yaitu untuk mengurangi kesalahan pengetikan dan supaya seragam, alasannya ialah datanya sudah fix sesuai pilihan.

Untuk lebih jelasnya diberikut misalnya :

 Artikel mencar ilmu microsoft access sebelumnya sudah mengulas  Belajar Membuat Combo Box Pada Office Access
Belajar Membuat Combo Box Pada Office Access
Pembahasan ini ialah lanjutan dari tes sebelumnya pembuatan “form registrasi siswa baru “, pada form tersebut akan kita menambahkan combo box “jurusan” dengan dua pilihan yaitu IPA dan IPS.

Langkah-langkahnya yaitu sebagai diberikut :

Pertama menambahkan terlebih lampau kolom field gres dengan nama “jurusan” dengan data type “text” pada tabel registrasi siswa baru, sebagai kawasan untuk menaruh data pilihan jurusan siswa, bila belum tahu cara membuat field name dapat baca disini cara membuat field name dan menentukan data typenya.

Selanjutnya pada form registrasi siswa gres kondisikan pada Design View, Setiap kali akan mengedit form atau tabel pastikan pada kondisi design view, caranya klik menu View >>> Design view

Kemudian menambahkan combo box, caranya klik sajian Design >>> group Control >>> klik Combo Box dan letakan pada form registrasi siswa gres tersebut.

Combo Box
Selanjutnya akan muncul tampilan common box wizard ada 3 pilihan yaitu, kita pilih saja : I will type in the value that i want ( maksundya : pilihan data dari kombo box kita ketik sendiri) >>> klik Next.



Muncul List Box Wizard, ketikan Jumlah kolom 1 atau dapat ditambah sesuai kebutuhan, selanjuntya ketikan pilihannya dalam pembahasan kita  jurusan yaitu ketikan "IPA" dan "IPS". >>> klik Next




Akan muncul ibarat dibawah ini, alasannya ialah sudah kita buat kawasan atau fieldnya pada langkah pertama maka dapat pribadi kita pilih yaitu pada filed “ Jurusan” selanjutnya klik next.



Selanjutnya diberi nama label  “ Jurusan”

Selesai selanjutnya dirapikan kita dapat atur ukuran dan  peletaknnya, dan coba kita cek karenanya apakah sudah berfungsi dengan benar.
 

Latihan Soal 1
Sebagai materi tes soal 1 silahkan sobat bersahabat belajaroffice.com pada form registrasi siswa gres tersebut ubah/ganti textbox untuk “kelabuin” menjadi combo box dengan pilihan “L/laki-laki dan P/perempuan”

Terimakasih selamat mencoba, biar bermanfaa.

0 komentar

Posting Komentar