Sabtu, 05 Januari 2019

Belajar Memakai Fungsi Index Pada Excel

Sebelumnya mediash4re.com (media sharing dan belajar)  mengucapkan Happy New Year 2014 biar ditahun gres ini kita tiruana menjadi lebih baik, sukses selalu dan tetap semangat. 

Pada artikel kali ini kita akan lanjutkan berguru Microsoft Excel Level Medium ialah penerapan fungsi INDEX dan MATCH.

Pertama kita akan bahas fungsi INDEX terlebih lampau supaya tidak terlalu rumit dan praktis untuk dipahami. Fungsi INDEX hampir sama dengan Vlookup namun lebih kompleks ialah dipakai untuk memilih nilai menurut letak baris dan kolom dari rentang data yang ada.

Untuk memperjelas diberikut teladan ilustrasinya :

Fungsi Index
Pada teladan diatas kita akan memilih nilai index dari baris dan kolom tertentu.

1. Menentukan Index (3,2) baris ke 3 dan kolom 2 >>>> langkahnya pada cell C6 ketikan rumus =INDEX(A1:C4;3;2) hasilnya 8 

Ket :
A1:C4 rentang data
;3;2 baris dan kolom

2. Menentukan Index (4,3) baris ke 4 dan kolom 3 >>>>  langkahnya pada cell C7 ketikan rumus =INDEX(A1:C4;4;3) akhirnya 12

Berikut teladan akhirnya :

misal Hasil Fungsi Index

Fungsi INDEX untuk mengolah data-data yang kompleks yang nantinya akan digabungkan dengan fungsi MATCH akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Selamat mencoba biar bermanfaa.

0 komentar

Posting Komentar