Senin, 31 Desember 2018

Bagian-Bagian Pada Halaman Kerja Ms Excel 2010

Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas bagian-bagian halaman kerja Word, selanjutnya pada artikel diberikut ini berguru office akan mengulas bagian-bagian halaman kerja pada MS office Excel.

Pada prinsipnya bagian-bagian pada word mempunyai menu-menu yang hampir sama dengan Ms Excel namun ada beberapa penambahan sajian juga ada pengurangan menunya, untuk perbedan yang paling fundamental yaitu pada halaman kerja pada word tampil lembaran polos sedangkan pada Excel tampil kotak-kotak berupa kolom dan baris.

Untuk lebih mendalaminya diberikut akan kita bahas lagi satu persatu agian-bagian halaman kerja pada MS office Excel :


 Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas  Bagian-Bagian Pada Halaman Kerja MS Excel 2010
Bagian-Bagian Pada Halaman Kerja MS Excel 2010


Ket :

Quick Access toolbar : terdiri dari tombol yang dipakai untuk mempercepat kerja, sajian standarnya terdiri : safe, ando, redo kita juga menyetingnya sesuai kebutuhan  dengan menekan panah  kecil kebawah.
Titel Bar : Menampilkan judul atau nama dari dokument Excel yang kita buat.
Mengatur Jendela: dipakai untuk mengatur tampilan meliputi:
minimize megecilkan dan menyembutnykan lembar kerja, 
maximize menampilkan dan memperbesar tampilan lembar kerja, 
close untuk menutup lembar kerja

Tab : sederetan sajian berupa  teks yang mencakup : File, insert, page layout  dst.

Ribbon : adalah are yang menampilkan tab yang aktif yang didalamnya terdiri dari group-group.

Group : terdiri dari icon-icon yang mempunyai fungsi masing-masing.

Dialog box: setiap group mempunyai obrolan box untuk menampilkan jendela fugsi dari masing-masing gropnya.
Name box : untuk menampilkan nama dari box atau cell yang aktif misanya : A8 artinya (kolom A baris ke 8) , B5 (kolom B baris ke 5)

Formula bar : untuk menampilkan data atau rumus pada cell yang aktif, dapat juga kawasan untuk mengedit rumus atau data.

Column : adalah kolom pada excel yang ditandai dengan huruf karakter mulai dari A,B,C dst

Row : Merupakan baris pada excel yang ditandai dengan anggka mulai dari 1,2,3 dst

Cell : Untuk meninput atau edit data, rumus pada sel yang aktif.

Scroll : untuk menggulung lembar kerja kesamping kanan kiri atau atas bawah.

Tab Worksheet : Pada Excel kita dapat membuat beberapa sheet dalam satu halaman kerja.
Status Bar : untuk menampilkan isu tentang halaman, kita dapat mengaturnya dengan menekan tombol klik kanan pada kafe status tersebut, statusbar yang biasanya muncul pada standar biasanya mencakup :
View : mengatur tampilan halaman kerja.
Zoom : untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja.


Terimakasih biar bermanfaa.

0 komentar

Posting Komentar