Sabtu, 10 Maret 2018

Pengertian Dan Fungsi Bios Pada Komputer/Laptop

 susah untuk menunjukan pengertiand dari BIOS Pengertian dan Fungsi BIOS pada Komputer/laptop
Menu Pada BIOS

Apa itu BIOS, susah untuk menunjukan pengertiand dari BIOS, akan tetapi BIOS ( Basic Input/Output System) mempunyai fungsi dasar untuk memuat system operasi pada Komputer/ laptop anda. Ketika pertama kali anda menyalakan Komputer/Laptop maka BIOS akan bekerja.  Disamping itu FUngsi lain dari BIOS ialah untuk Melakukan test apakah tiruana kompenen hardware berjalan dengan Normal, mengaktifkan BIOS yang lain maksudnya kadang setiap perangkat keras yang ada pada Komputer/Laptop mempunyai BIOS masing masing contohnya Kartu grafis biasanya mempunyai BIOS sendiri, daerah untuk mengatur/ mensetting kompenen kompenen hardware pada Komputer/Laptop. Sekali lagi saya tekankan BIOS ialah penghubung antara Sistem Operasi dengan Hardware diberikut ini urutan cara kerja BIOS dari ketika anda pertama kali menjalankan Komputer/Laptop.
  1.   Memeriksa pengaturan/settingan CMOS.
  2.   Memuat handlres ( semacam software kecil yang berfungsi untuk menerjemahkan antara kompenen hardware dan system operasi, contohnya ketika kalian menekan pada Keyboard, sinyal tersebut akan dikirim ke keyboard interrupt handler yang akan memdiberitahu CPU apa sinyal/perintah dan mentransernya ke system operasi) dan Device Drivers ( ialah sebuah software yang berfungsi untuk mengidentifikasi kompenen hardware dasar ibarat Keyboard, Mouse, Hardisk, dan Floppy drive
  3.  Mensetting register dan Manajemen Power
  4.    Melakukan Test terhadap Kompenen Hardware
  5. Menampilkan pengaturan system 
  6. Menentukan Hardware mana yang sanggup di booting ( sanggup dari Hardware, DVD, VCD, ataupun Flasdisk)

Ketika anda pertama kali menyalakan computer biasanya anda pribadi akan melihat BIOS, hal ini ditandai dengan goresan pena berwarna putih dan background hitam pada layar anda.BIOS juga menampilkan text yang mendiskripsikan segala sesuatu ibarat jumlah memori yang diinstal pada computer, jenis hardisk dan lain lain. Sehingga sanggup disimpulkan bahwa BIOS pertama kali akan melaksanakan pekerjaan yang cukup banyak ketika pertama computer dihidupkan.

Bagaimana cara mengakses BIOS. BIOS sanggup diaksesk dan disetting melalui sebuah BIOS Setup Utility. melaluiataubersamaini BIOS Setup Utility anda sanggup mengatur segala sesuatu tentan BIOS anda, BIOS Setup Utility sanggup dibuka dengan cara tergantung dari Komputer anda, anda sanggup melihat langkah langkahnya ketika pertama kali anda menghidupkan Komputer dan sebelum terjadinya Booting pada Komputer. contohnya kadang saya menekan F12 untuk melaksanakan setting pada BIOS.

Bagaimana cara memakai BIOS. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas BIOS mempunyai aneka macam jenisnya. melaluiataubersamaini Membuka BIOS Utility anda sanggup melaksanakan aneka macam hal ibarat mengurutkan urutan Booting hardware pada Komputer,mensetting BIOS semoga Defaults, Menghapus password pada BIOS, Membuat Password pada BIOS, mengatur tanggal dan waktu, mengganti settingan pada Floppy Drive. Mensetting Hardisk interna, mensetting CD/DVD/BD Drive, melihat seberapa banyak memori yang terinstall, menampilkan atau tidak menampilkan Logo Komputer, mengganti settingan pada Prosessor( hal ini biasanya terjadi pada ketika Overlocking Prossesor), Mensetting RAM, mensetting system Voltages, mengatur sushu pada prossesor, mengganti kecepatan kipas,Bagaimana cara memakai BIOS. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas BIOS mempunyai banyak sekali. melaluiataubersamaini Membuka BIOS Utility anda sanggup melaksanakan aneka macam hal ibarat mengurutkan urutan Booting hardware pada Komputer,mensetting BIOS semoga Defaults, Menghapus password pada BIOS, Membuat Password pada BIOS, mengatur tanggal dan waktu, mengganti settingan pada Floppy Drive. Mensetting Hardisk interna, mensetting CD/DVD/BD Drive, melihat seberapa banyak memori yang terinstall, menampilkan atau tidak menampilkan Logo Komputer, mengganti settingan pada Prosessor( hal ini biasanya terjadi pada ketika Overlocking Prossesor), Mensetting RAM, mensetting system Voltages, mengatur sushu pada prossesor, mengganti kecepatan kipas, 

bagaimana cara untuk masuk setting Pada BIOS Komputer. Masuk kedalam BIOS pada dasarnya ialah hal yang sangat praktis dilakukan, ketika kalian sudah mengetahui kombinasi Keyboard anda. Teknik pertama untuk masuk ke BIOS ialah Restart Komputer/Laptop anda. Perhatikan goresan pena pada ketika Komputer belum melaksanakan BOOTING, nah biasanya ada goresan pena semacam  ini pada layar monitor anda Press Key to enter set up, Enter Bios By pressing Key, Press Key to enter Bios, nah kalian pada peluang ini harus segera memencet key tersebut setelah itu anda sanggup masuk ke dalam BIOS anda. Sesudah anda masuk dalam BIOS anda sanggup mensetting computer anda, kemudian setelah itu anda sanggup menutup dan menyimpan settingan bios anda dengan mengikuti perintah yang ada. 

0 komentar

Posting Komentar